Pengertian Motherboard

Senin, 19 Juli 2010 | | 0 comments

Motherboard ialah papan utama, atau papan sirkuit yang berfungsi untuk menghubungkan setiap komponen pada komputer. Motherboard yaitu papan PCB yang mempunyai jalur - jalur sistematis yang menghubungkan satu komponen dengan komponen lainnya. Di dalam motherboard terdapat chip controller yang berfungsi untuk mengatur lalu lintas pada motherboard. Pada mainboard terdapat bagian - bagian input maupun output berupa socket ataupun slot. Seperti socket processor, slot memory, konektor IDE, Slot peripheral, I/O port, dll.
Selain media untuk pemasangan komponen semisal Processor, Memory, Vga, dll,  Motherboard juga memiliki komponen internal yang sudah melekat pada motherboard itu sendiri, seperti ROM, I/O port, Chip Controller dll. Setiap motherboard memiliki bios, yang mana setiap motherboard memiliki tipe dan jenis bios yang berbeda. Seiring perkembangan zaman, komponen internal yang disertakan pada motherboard pun semakin di tingkatkan. Tujuannya bermacam - macam, pertama kita tidak perlu membeli perangkat tambahan lagi, untuk keperluan komputer kita, kedua menghemat biaya (karena dengan membeli satu motherboard sudah disertakan komponennya juga), memberkian ruang bagi komputer kita (jadi isinya tidak terlalu banyak karena sudah melekat pada motherboard). Misalnya VGA Onboard, Sound Onboard, dll.

Untuk masalah onboard atau add on, jelas lebih bagus Add On. Komponen onboard hanya digunakan sebagai alternative saja, bila kita tidak mau mengeluarkan modal yang lebih. Bila anda mau menggunakan komputer untuk keperluan gaming, maka pakailah Add On yang lebih berkualitas, tetapi bila anda hanya menggunakan komputer hanya untuk aplikasi kantor, pemutar lagu, video, dll cukup dengan onboard saja. Saat ini, kompnen onboard yaitu: VGA onboard, lan onboard, sound onboard, dll.

0 komentar »

Posting Komentar

Silahkan ada yang mau bertanya atau menambahkan!

Laman

Mobile Phone

Computer

Linux

blogging