SalingSapa jadi bahan Kontroversi

Sabtu, 27 Agustus 2011 | | 0 comments

Salingsapa jadi perbincangan di forum online. Situs jejaring sosial islami kreasi Muhammad Yahya Harlan ini dipermasalahkan hak ciptanya.

Forum Kaskus, misalnya, memunculkanthread yang mempertanyakan pengembangan situs tersebut. Diketahui situs Salingsapa itu dibuat menggunakan produk bernama JCow. 

Dalam kesempatan berbincang dengan detikINET, Yan Harlan, ayah dari Muhammad Yahya Harlan menjelaskan permasalahannya.

"Memang itu dari CMS tertentu, tapi kita beli lisensinya. Dan dalam aturannya, kalau kita beli lisensinya kita diberi kebebasan untuk mencantumkan atau tidak," katanya Minggu, (13/2/2011) malam.

Dalam aturan lisensi di JCow, saat ditelusuri detikINET, memang disebutkan bahwa kata-kata 'powered by JCow' boleh dihilangkan bagi mereka yang membeli lisensi piranti lunak ini. 

Yan juga menambahkan, dengan dibelinya lisensi tersebut maka pembeli bebas mengkreasikan source tersebut.

"Ibarat membeli daging kambing, kita tahu seperti apa rasanya. Tapi kita bisa mengolahnya menjadi apa saja," katanya mencontohkan.

'Semoga Tidak Patah Semangat'


Saat ini dalam situs tersebut sudah dicantumkan kalimat "implementation by". Dengan pencantuman tersebut Yan berharap kontoversi yang cenderung menghakimi anaknya bisa segera berakhir. 

Pasalnya bukan hanya di forum-forum diskusi yang beredar di internet, kalimat-kalimat cacian dan hujatan juga dituliskan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab ke dalam situs salingsapa.

"Dia masih anak kecil. Tidak seperti orang dewasa yang mungkin bisa mengerti. Mudah-mudahan ini tidak mematahkan semangatnya," harapnya.

Walaupun menuai kecaman, namun dukungan terhadap jejaring sosial islami ini pun mengalir deras. Tak sedikit pula yang membela bocah kelas 1 SMP ini. Baik di komentar berita, forum diskusi ataupun di situs salingsapa.

"Nanti biar dia (Yahya - red) tenang dulu sehingga dia bisa mengklarifikasi," tukasnya.

Meski baru diluncurkan 2 minggu yang lalu situs ini sudah dikunjungi 3 juta lebih pengunjung.


sumber:detiknet.com

0 komentar »

Posting Komentar

Silahkan ada yang mau bertanya atau menambahkan!

Laman

Mobile Phone

Computer

Linux

blogging