Dampak MSG (Mecin) Bagi Tubuh

Selasa, 06 September 2011 | , , | 1 comments

Kita pasti sering menjumpai makanan yang lezat dan gurih. Namun di dalam makanan tersebut terdapat bahan dan bumbu yang mungkin berbahaya bagi tubuh. Rasa lezat dan gurih yang terkandung sebagian besar berasal dari monosodium glutamat (MSG) atau penyedap rasa yang ditambahkan kedalam masakan atau makanan ringan tersebut. Monosodium glutamat atau MSG adalah salah satu bahan tambahan makanan yang digunakan untuk menghasilkan rasa yang lebih enak dan lebih nyaman ke dalam masakan. Walaupun membuat masakan menjadi lebih enak, tetapi dampak yang ditimbulkan lebih besar dari keuntungan yang didapat. Dan ada baiknya kita hindari konsumsi makanan yang mengandung MSG dan bahan makanan  bahaya lainnya. berikut beberapa dampak Penggunaan MSG :

  1. Chinese Restaurant Syndrome
    Tahun 1968 dr. Ho Man Kwok menemukan penyakit pada pasiennya yang gejalanya cukup unik. Leher dan dada panas, sesak napas, disertai pusing-pusing. Pasien itu mengalami kondisi ini sehabis menyantap masakan cina di restoran. Masakan cina memang dituding paling banyak menggunakan MSG. Karena itulah gejala serupa yang dialami seseorang sehabis menyantap banyak MSG disebut Chinese Restaurant Syndrome.

    Chinese Restaurant Syndrome:
  2. Kerusakan Sel Jaringan Otak
    Hasil penelitan Olney di St. Louis. Tahun 1969 ia mengadakan penelitian pada tikus putih muda. Tikus-tikus ini diberikan MSG sebanyak 0,5 – 4 mg per gram berat tubuhnya. Hasilnya tikus-tikus malang ini menderita kerusakan jaringan otak. Namun penelitian selanjutnya menunjukkan pemberian MSG yang dicampur dalam makanan tidak menunjukkan gejala kerusakan otak.

    Asam glutamat meningkatkan transmisi signal dalam otak, gamma-asam aminobutrat menurunkannya. Oleh karenanya, mengkonsumsi MSG berlebihan pada beberapa individu dapat merusak kesetimbangan antara peningkatan dan penurunan transmisi signal dalam otak

    Kerusakan Jaringan Otak:
  3. Kanker
    MSG menimbulkan kanker betul adanya kalau kita melihatnya dari sudut pandang berikut. Glutamat dapat membentuk pirolisis akibat pemanasan dengan suhu tinggi dan dalam waktu lama. pirolisis ini sangat karsinogenik. Padahal masakan protein lain yang tidak ditambah MSG pun, bisa juga membentuk senyawa karsinogenik bila dipanaskan dengan suhu tinggi dan dalam waktu yang lama. Karena asam amino penyusun protein, seperti triptopan, penilalanin, lisin, dan metionin juga dapat mengalami pirolisis dari penelitian tadi jelas cara memasak amat berpengaruh.

    Kanker:
  4. Alergi
    MSG tidak mempunyai potensi untuk mengancam kesehatan masyarakat umum, tetapi juga bahwa reaksi hypersensitif atau alergi akibat mengkonsumsi MSG memang dapat terjadi pada sebagian kecil sekali dari konsumen. Beberapa peneliti bahkan cenderung berpendapat nampaknya glutamat bukan merupakan senyawa penyebab yang efektif, tetapi besar kemungkinannya gejala tersebut ditimbulkan oleh senyawa hasil metabolisme.

    Alergi:



referensi:http://wong168.wordpress.com/2010/07/13/dampak-msg-mecin-bagi-tubuh/

1 komentar »

  • Unknown Mengatakan pada:   20 Juni 2017 pukul 15.17

    mantab gan. mecin perusak penerus bangsa

  • Posting Komentar

    Silahkan ada yang mau bertanya atau menambahkan!

    Halaman

    Mobile Phone

    Computer

    Linux

    blogging