Pengertian Power Supply

Senin, 19 Juli 2010 | | 0 comments

Seperti namanya Power Supply adalah alat / perangkat keras komputer yang fungsinya mengalirkan arus listrik ke setiap bagian komputer. Semua hardware komputer hampi dialiri oleh arus listrik yang dikeluarkan power supply ini. Power supply merubah arus AC dari PLN menjadi arus DC yang kecil kecil, untuk keperluan hardware komputer. Didalam power supply itu sendiri terdapat Trafo dan Kipas pendingin, dan memiliki banyak kabel kecil berwarna yang akhirnya terhubung pada hardware lainnya. Jenis Power Supply Sendiri ada beberapa macam, namun yang umum digunakan sekarang adalah Power supply ATX, berikut perbedaan power supply ATX dan AT

1. ATX : Dapat Shutdown otomatis, artinya setelah windows atau linux di shutdown, maka komputer dan seluruh perangkatnya akan berhenti dengan sendirinya (automatis) setelah proses shut down tersebut selesai.
2. AT : Tidak dapat shutdown secara automatis, artinya setelah windows atau linux di shutdown kita harus menekan tombol power di CPU ( biasanya bila menggunakan power supply ini tombol power di CPU nya berbentuk switch ). Jadi setelah proses shutdown selesai kamu harus menekan tombol power di CPU kamu, bila tidak ditunggu 5 tahunpun gak akan mati mati kalo komputernya gak rusak , hehe.

http://202.143.168.214/uttvc/HardwareUtility/Power_Supply.jpg
Ini contoh dari power supply

Bagian belakang terdiri dari socket penghubung ke monitor dan power listrik. Juga terdapat fan atau kipas angin, yang berfungsi mendinginkan udara di dalam kotak power supply tersebut. Bagian depan terdiri dari kabel-kabel kecil untuk mengalirkan listrik ke setiap bagian di dalam CPU atau motherboard.

Tentu saja listrik yang mengalir sudah minim atau diperkecil. Sedangkan di power supply itu sendiri voltase listrik masih besar, sehingga dilarang keras menyentuhnya.

0 komentar »

Posting Komentar

Silahkan ada yang mau bertanya atau menambahkan!

Laman

Mobile Phone

Computer

Linux

blogging