Expansion Card

Selasa, 20 Juli 2010 | | 0 comments

Pengertian Expansion Card
Expansion card merupakan suatu wadah yang berada motherboard, yang fungsinya sebagai tempat atau wadah dimana sebuah papan-rangkaian-elektronik (circuit board) bisa dipasang dengan cara ditancapkan. Circuit board memiliki banyak fungsi untuk meng - upgrade sebuah komputer, misalnya menambah memori, membuat kualitas suara atau gambar lebih bagus, modem, atau menyambungkan network.

Circuit board ini memiliki beberapa sebutan, sesuai dengan kemampuannya: expansion board, adapter card, interface card, add-in, add-on, expansion card atau yang paling sering disebut card saja, karena memang bentuknya lebih mirip selembar kartu. Beberapa card ini bisa kita lihat pada tabel berikut ini:


AcceleratorMeningkatkan kecepatan (speed) CPU
ControllerMenghubungkan floppy drive dan hard disk ke komputer, kini sudah tidak diproduksi lagi karena controller sudah ada di mainboard (onboard).
GameMenghubungkan joystick
I/O (Input/Output)Menghubungkan mouse atau printer, sudah tidak diproduksi lagi (sudah onboard).
InterfaceMenghubungkan scanner atau CD-ROM
MemoryMenambah memori komputer
ModemBerkomunikasi dengan komputer lain melalui saluran telepon, misalnya Internet
NetworkBerkomunikasi dengan komputer lain atau peripheral melalui network
PC/TVMenggunakan televisi sebagai monitor
SoundMenghubungkan speaker dan microphone
VideoMenghubungkan monitor komputer
Video CaptureMenghubungkan kamera video
MPEGMemutar VCD

Expansion slot kemudian dihubungkan kepada expansion bus, yang akan membantu komputer berkomunikasi dengan card-card itu dan juga dengan peripheral yang dihubungkan pada card tersebut, jika ada.

Berikut Beberpa Expansion Bus

ISA (Industry Standard Architecture)
Bus yang paling umum sekaligus paling lambat kecepatan pengiriman datanya. Mouse, modem card, sound card dan network card berkecepatan rendah biasanya menggunakan bus ini.

VESA local bus
Local bus adalah expansion bus yang dirancang untuk koneksi berkecepatan tinggi, misalnya hard disk. Selain itu biasa digunakan untuk VGA card.

PCI (Peripheral Component Interconnect)
Merupakan pengganti VESA local bus. Kecepatannya empat kali ISA. Card yang biasa dipasang adalah VGA, SCSI, dan network kecepatan tinggi. Saat ini biasanya mainboard menyediakan bus PCI dan ISA bersamaan.

AGP (Accelerated Graphics Port)
Dirancang oleh Intel untuk meningkatkan kecepatan pengiriman gambar dan video 3-D (tiga dimensi), umumnya pada game-game beresolusi tinggi. Processor-processor keluaran terbaru seperti Pentium II, III, 4 dan Xeon mendukung teknologi AGP ini.

USB (Universal Serial Bus)
Dimaksudkan untuk menghindari keharusan memasang card pada slot. Berbagai peripheral (scanner, kamera, dll) dapat dihubungkan satu sama lain dan kemudian dihubungkan ke komputer hanya dengan satu kabel melalui port USB. Kemudian USB ini akan dihubungkan dengan PCI di mainboard.

1394
Sama fungsinya dengan USB. Anda tidak perlu takut kehabisan expansion slot dengan bus 1394 ini.

PC Card
Dipasang pada slot PC Card, data akan masuk dari bus PC Card ke bus PCI.


referensi: http://kamusilmiah.com

0 komentar »

Posting Komentar

Silahkan ada yang mau bertanya atau menambahkan!

Halaman

Mobile Phone

Computer

Linux

blogging