Harddisk

Selasa, 20 Juli 2010 | | 0 comments

Mungkin ada yang sudah tahu mengenai harddisk ini. Biasa disebut HDD atau harddisk saja. Harddisk merupakan storage device yang fungsinya untuk menyimpan data dalam kapasitas besar maupun kecil. Kapasitas harddisk sendiri bervariasi mulai dari 1,8 GB (dulu) sampai 2 TB (sekarang). Bagian dalam harddisk terdiri dari piringan piringan yang biasa disebut fengan istilah platter. Di platter inilah data data kita disimpan. Artinya semakin banyak jumlah platter harddisk maka semakin besar pula kapasitas atau daya tampung harddisk tersebut. Harddisk digunakan komputer untuk menyimpan sistem operasi dan program aplikasi tambahan lainnya, selain itu kita bisa menyimpan data lainnya. Harddisk dibuat karena sistem operasi atau software yang yang telah berkembang melebihi jumlah kapasitas floopy disk (sekarang sudah jarang). Maka dari itu munculah media penyimpanan baru yang lebih besar dengan kapasitas yang lebih besar pula.

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/a/a2/Harddisk-full.jpg

Harddisk diperkenalkan untuk pertama kalinya oleh insinyur IBM, Reynold Johnson di tahun 1956. harddisk yang pertama itu terdiri dari 50 piringan berukuran 0,6 meter dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Cakram keras zaman sekarang sudah ada yang hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB atau bahkan 2 TB.

Berbeda dengan media penyimpana RAM yang bila tidak diberi arus atau dimatikan maka data yang telah tersimpan di RAM akan hilang, tetapi tidak dengan harddisk. Bila kita menyimpan data pada harddisk kita, lalu kita matikan komputer atau mencabut arus listrik ke harddisk, maka data yang telah terimpan tadi tetap ada dan tersimpan di piringan ( platter ).

0 komentar »

Posting Komentar

Silahkan ada yang mau bertanya atau menambahkan!

Laman

Mobile Phone

Computer

Linux

blogging