Ular Cabe

Sabtu, 27 Agustus 2011 | | 0 comments

Ular cabe merupakan ular yang berukuran kecil yang hidup di sekitar kita, bahkan di kota besar pun terdapat ular ini. Mereka tinggal di bawah tanah sehingga kita jarang melihatnya.

Bila terkena gigitan dari ular cabe, maka akan menimbulkan efek sebagai berikut:

  1. Pening.
  2. Muntah.
  3. Perasaan tidak enak.
  4. Luka bengkak (1-2 jam).
  5. Sangat mengantuk.
  6. Kesadaran turun.
  7. Nafas tersengal.
  8. Anggota badan sulit diggerakkan.
  9. Sulit menelan.
  10. Bicara kurang jelas.
  11. Mata membesar.
  12. Kelopak mata tertutup.
Contoh kasus yang terjadi:

seorang anak yang sedang bermain tiba-tiba mengalami demam ketika pulang ke rumah. Orang tuanya tidak membawa anak ini ke RS, karena Ia mengira demam biasa. Akibatnya anak ini mengalami sesak nafas & tubuh membiru, dan ketika dibawa ke RS keesokan paginya, nyawanya tidak tertolong lagi. Dokter yg memeriksa menyatakan anak ini terkena racun ular kisi.

Spesies kecil ini memiliki racun type neurotoksin yg sangat kuat dan harus diwaspadai meski sifat alamiah ular ini tidak agresif. Habitatnya di hutan-hutan, dan terkadang berkembang biak di area pertamanan dan perkebunan. Hidupnya di bawah tanah, dan makanan pokoknya adalah telur cacing, kodok kecil dan hewan kecil lainnya. Ketika merasa terancam, ular ini membalikkan bagian bawah tubuh, yg secara dramastis memperlihatkan warna hitam dan putih.

Family : ELAPIDAE.

Nama ilmiah : Maticora intestinalis.

Ciri-ciri : Punggung hitam, sepanjang badan berpita kuning/jingga dan bercabang dua di kepala, perut berwarna belang putih hitam, ekor merah, panjang maksimum 50 cm.

Tipe taring : Proteroglypha, terletak pada bagian depan rahang atas. Permanen dan relatif pendek.

Tipe bisa : Neurotoxin, merusak sel-sel saraf pernapasan sehingga individu yang terserang bisa ular tersebut tidak dapat mengambil oksigen untuk metabolisme sel.

Sebutan : Ular cabe, ulo kisi, ula kawek, ulo besi, ular tanah, worm snake, blind snake.

Penyebaran habitat : Jawa,Sumatra, Kalimantan, Thailand selatan, semenanjung Malaya, Singapura dan Filipina.
Berhati-hatilah bila di sekitar rumah anda terdapat sarang ular kisi/cabe. Karena walaupun ukurannya yang sangat kecil dan mirip dengan cacing, namun "bisa" ular ini sangatlah mematikan.

0 komentar »

Posting Komentar

Silahkan ada yang mau bertanya atau menambahkan!

Laman

Mobile Phone

Computer

Linux

blogging