VGA Komputer

Senin, 05 Juli 2010 | | 0 comments

VGA (Video Graphic Adapter), merupakan perangkat yang biasa dipasangkan di komputer atau pc. Fungsi VGA sendiri adalah untuk menampilkan graphic atau gambar maupun video ke layar monitor. VGA dihubungkan dengan monitor menggunakan kabel data. VGA adalah alat penampil gambar ataupun video ke monitor. Maka dari itu ada sebagian game yang memerlukan kualitas atau jenis VGA tertentu agar bisa memainkan gamenya itu, mengapa? Karena untuk menampilkan gambar kelayar VGA membutuhkan memory, dan semakin besarnya kapasitas memory yang digunakan semakin baik pula kualistas gambar yang di tampilkan, biasanya kalo untuk standard game memory VGA yang dibutuhkan berkisar pada 128 MB dan 256 MB, bahkan 512 MB (satuan vga dinyatakan dalam MB dan GB ).
Seiring berjalannya waktu dan meningkatnya kebutuhan, Perkembangan VGA Semakin meningkat, seperti sekarang ini VGA telah memiliki kemampuan 3D dll. Mengapa? tanya saja pada para GAMERS.

Jenis VGA Diantaranya :
1. VGA Onboard : Merupakan VGA yang tertanam di motherboard. Dan Mengambil sebagian memory dari memory ram. Besarnya memory yang diambil tergantung jenis bios yang dipakai di motherboard dan tergantung pada kualitas vga onboardnya juga.
Kelebihan VGA onboard : kita bisa merakit komputer dengan harga hemat tanpa harus membeli vga card, tampilannya lumayan berkualitas untuk memainkan video dan gambar.
Kekurangan VGA onboard : kebanyakan vga onboard hanya bisa menggunakan memory sebesar 64 - 128 mb dari memory ram utama, sedangkan untuk standar game yang diperlukan adalah lebih dari itu.
2. VGA Card. pengertiannya sama seperti yang diatas, namun VGA ini terpisah dari motherboard. Artinya kita memasangkannya ke motherboard. Tergantung VGA yang anda gunakan, ada berbagai macam tipe vga card ( yang membedakannya adalah bit dan jenis slot yang untuk ke motherboard, misalkan motherboard anda hanya ada PCI dan AGV, anda diharuskan menggunakan vga yang berjenis salah satu darinya ). Biasanya VGA card ini telah memiliki memory sendiri tanpa harus mengambil sebagian dari memory ram utama. Jadi proses tampilannya jauh lebih cepat dan berkualitas. misalkan VGA card Geoforce 512 MB.
Kelebihan VGA Card : Memaksimalkan tampilan pada monitor, dapat digunakan untuk bermain game tinggi tanpa patah - patah ( tergantung memory yang digunakan ).
Kekurangan VGA Card : Harga yang lebih mahal.

Jadi intinya VGA berfungsi untuk memproses grafis yang akan dikeluarkan.

0 komentar »

Posting Komentar

Silahkan ada yang mau bertanya atau menambahkan!

Laman

Mobile Phone

Computer

Linux

blogging