Cara Merakit Komputer

Selasa, 20 Juli 2010 | | 1 comments

Untuk Merakit PC diperlukan beberapa alat dan bahan seperti obeng, tang runcing, dll. Prinsipnya adalah jangan takut salah dan jangan tergesa - gesa. Jangan Takut salah memasukan komponen, karena jika anda tahu perinsip dasar setiap alat dan anda memakai logika manusia anda, maka tanpa perlu berfikir lama pun anda sudah bisa menentukan letak posisi dan kemana komponen ini akan dipasang. Mengapa tidak mungkin salah? Karena setiap alat memiliki konektor atau slot atau socket yang berbeda, artinya tidak mungkin konektor harddisk dimasukan ke slot PCI, karena walau bagaimanpun tidak akan masuk. Jadi setiap alat sudah ada pasangan masing - masing. Yang perlu diperhatikan adalah spesifikasi setiap alat yang anda punya. Dan anda harus mencocokannya dengan alat yang lain, misal anda harus mencocokan antara processor dengan motherboard, jangan sampai anda membeli processor celeron 2.6 Ghz LGA 775 tapi anda membeli motherboard yang bertipe slot bukan socket LGA 775, tentu tidak akan cocok, karena procesor tersebut berjenis sosket LGA 775 dan motherboardnya jenisnya slot jadi tidak akan bisa dipakai. Beli lah perangkat yang sesuai satu sama lain. Bila anda kurang paham mengenai kecocokan antara setiap perangkat komputer, mungkin saya akan post di artikel selanjutnya. Setiap Motherboard memiliki spesifikasi untuk komponen - komponen yang akan dipasangkan padanya, dan biasanya sudah tertera di kotak dan buku manualnya. Jadi jika anda akan memasangkan komponen semisal VGA, Processor, Memory, dll maka komponen tersebut haruslah support dengan motherboardnya karena komponen tersebut beragam jenisnya.
Dalam merakit komputer dibutuhkan setidaknya 7 perangkat diantaranya:

  1. Motherboard
  2. Processor
  3. Memory (RAM)
  4. Power Supply + Casing
  5. VGA card ( atau onboard di motherboard juga tidak apa - apa ).
  6. Harddisk
  7. Monitor
Untuk tambahan
  1. Mouse
  2. Keyboard
  3. Cd - Rom atau DVD - Rom
Langkah Merakit Komputer diantaranya:
  1. Persiapkan alat dan bahan.
  2. Siapkan motherboard di tempat yang aman dari debu, letakan di meja atau lantai (dimana saja asal jangan di air ) dan gunakan alas (dusnya juga boleh)
  3. Pasang Processor ke motherboard Baca disini Lihat Video Disini
  4. Pasang Memory Ke Motherboard Baca disini Lihat Video Disini
  5. Masukan Motherboard ke casing. Baca disini Lihat video disini
  6. Memasang Power Supply. Baca disini Lihat video disini
  7. Memasang Harddisk. Baca disini Lihat video disini
  8. Pasang CD - ROM atau DVD- ROM. Baca disini Lihat video disini
Kemudian anda tinggal memasang jumper dari casing ke motherboard seperti  kabel speaker header, front panel USB header, front panel audio header (jika tersedia), dan front panel switch/LED header dari casing ke motherboard. Dimana anda memasangnya dapat anda temukan di buku User Guide motherboard. Kemudian yang terakhir, pasang kabel power dari power supply casing ke motherboard. Untuk lebih jelasnya, baca buku User Guide motherboardnya. Setelah itu, pasang tutup casing, lalu pasang kabel dari monitor, keyboard, mouse, power supply (jika ada), dan speaker (jika ada). Setelah itu anda tinggal melakukan POST dan bila masuk post anda tinggal menginstall Sistem Operasi.

Memasang Jumper
Sampai sekarang ini memang tidak ada standar layout untuk jumper motherboard. Hal ini dikarenakan industri produsen motherboard, memiliki desain motherboard tersendiri. Meskipun tidak mencolok antara masing-masing produsen. Namun, untuk anda yang pertama kali memasang motherboard, kami sarankan membaca buku manualnya. Karena tidak semua produsen motehrboard memiki penjelasan text yang tertera jelas pada PCB motherboard. Jangan menebak-nebak untuk hal ini.
 



Video Merakit Komputer


Pengamanan
Tindakan pengamanan diperlukan untuk menghindari masalah seperti kerusakan komponen oleh muatan listrik statis, jatuh, panas berlebihan atau tumpahan cairan.Pencegahan kerusakan karena listrik statis dengan cara:
  1. Menggunakan gelang anti statis atau menyentuh permukaan logam pada casing sebelum memegang komponen untuk membuang muatan statis.
  2. Tidak menyentuh langsung komponen elektronik, konektor atau jalur rangkaian tetapi memegang pada badan logam atau plastik yang terdapat pada komponen.


1 komentar »

  • Jelly Gamat QnC Mengatakan pada:   9 Januari 2017 08.11

    nice informasinya
    http://jellygamatqncoriginal.xyz

  • Posting Komentar

    Silahkan ada yang mau bertanya atau menambahkan!

    Halaman

    Mobile Phone

    Computer

    Linux

    blogging